Berikut Syarat Terbaru Dapat Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta

Syarat Terbaru Dapat Subsidi Motor Listrik
ilustrasi motor listrik (Trinity_Elektroroller dari Pixabay)

Salah satu peraturan ketentuan yang mengatur kendaraan bermotor listrik tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

1. Penuturan Menperin Terkait Pembelian Motor Listrik

Mengutip laman situs kemenperin bahwa bantuan pembelian motor listrik berlaku satu NIK untuk 1 tnit. Perluasan bantuan ini ditandai dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No. 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Kebijakan ini guna percepatan dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri serta mewujudkan Indonesia yang lebih bersih. tentu akan berdampak terhadap peningkatan investasi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan hal ini akan memacu produktivitas dan daya saing industri, serta perluasan tenaga kerja, Jakarta, Selasa (29/8).

BACA JUGA: 5 Peraturan Pemerintah Tentang Motor Listrik di Indonesia

2. Syarat Subsidi Sepeda Motor Listrik Roda Dua

Pada Permenperin 21/2023 ini disebutkan bahwa, masyarakat yang ingin mendapatkan program bantuan pemerintah ini syaratnya adalah

  • WNI berusia paling rendah 17 tahun
  • Memiliki KTP elektronik
  • Satu NIK KTP bisa membeli satu unit motor listrik

Bantuan subsidi ini, masyarakat akan mendapat potongan harga sebesar Rp7 juta untuk pembelian satu unit KBL Berbasis Baterai Roda Dua.

BACA JUGA: 10 Kekurangan Kendaraan Bermotor Listrik

Menurut laman resmi kemenperin.go.id Pemerintah akan membayar penggantian potongan harga atas pembelian motor listrik oleh masyarakat kepada perusahaan industri, tutur Agus.

ilustrasi gambar sepeda motor listrik
ilustrasi gambar sepeda motor listrik (pexels/Roberto Nickson)

3. Kisaran Harga Sepeda Motor Listrik Terbaru Agustus 2023

Dari penelusuran kami membandingakan beberapa merek dari berbagai e-comerce daftar harga perunit sepeda motor listrik adalah kisaran 14JT hingga 30JT tergantung spesifikasi bisa saja lebih mahal berikut beberapa contoh daftar harga motor listrik terbaru agustus 2023.

  • Viar Motor Listrik Q1 ( Official Store ) Rp 19.500.000
  • Selis Sepeda Motor Listrik Agats 2000W 72V 20Ah Off The Road Bisa Di Urus STNK
    Rp 18.900.000
  • Tempur Sepeda Motor Listrik Swap Smoot 1500W 64V 22.5Ah Garansi Free Bonus Cover Motor
    Rp 20.000.000
  • Vespa Motor Listrik Speed 100Km Rp14.650.000

Nah sobat ppgim.com tentunya sudah bisa menghitung harga yang harus dibayar setelah disubsidi, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam mencari pilihan kendaraan bermotor listrik.

4. Akhir Kata terkait Subsidi Sepeda Motor Listrik

Jadi gaes, subsidi ini hanya berlaku untuk satu kali pembelian per KTP atau NIK tentunya agar merata tidak ada yang double gitu gaes. Semoga program pemerintah ini bisa berjalan dengan lancar demi mewujudkan salah satunya lingkungan yang bersih.

  • Referensi: https://kemenperin.go.id/artikel/24279/Diperluas,-Bantuan-Pembelian-Motor-Listrik-Berlaku-Satu-NIK-untuk-1-Unit