Mengakses Localhost WordPress wp-admin dengan Mudah

URL localhost/wordpress/wp-admin adalah alamat web yang digunakan untuk mengakses halaman administrasi (wp-admin) dari situs WordPress yang dihosting secara lokal di komputer pengguna WordPress. Ketika kita memasukkan URL ini ke dalam browser, sobat wordpress akan diarahkan ke antarmuka wp-admin yang sering kita sebut dashboard admin, yang memungkinkan kita untuk mengelola konten, tampilan, dan pengaturan situs WordPress dijaringan localhost. Dengan kata lain, ini adalah pintu masuk ke alat pengelolaan situs web WordPress tanpa harus mempublikasikan ke internet.

1. Apa itu Localhost

Contoh alamat local host wp-admin wordpres di browser sepertig ambar ini

Localhost adalah komputer sobat sendiri, atau laptop, di mana kita dapat membuat situs web WordPress tanpa perlu mengunggahnya ke internet atau ke hosting. Ini semaccam dimana kita memiliki “playground” khusus untuk membuat dan menguji situs web di komputer sendiri.

a. Mengapa Localhost Penting

Localhost sangat berguna ketika kita ingin mengembangkan atau merancang situs web WordPress tanpa perlu berbagi dengan dunia online. Kita dapat mencoba hal-hal baru, mengedit, atau membuat perubahan tanpa risiko mengganggu situs yang sudah online.

b. Perbandingan dengan Hosting Web Langsung

Saat Anda mengembangkan situs web di localhost, itu hanya dapat dilihat oleh sobat sendiri di komputer yang dapat berjalan tanpa internet. Jadi, tidak ada orang lain yang dapat melihatnya. Di sisi lain, ketika sobat menggunakan hosting web langsung, semua orang di internet dapat melihat situs sobat secara online.

c. Langkah-langkah Persiapan Awal

Pertama, Sobat perlu menginstal “server web lokal” seperti XAMPP atau MAMP di komputer sobat. Server web ini seperti fondasi untuk situs web kita di localhost.
Setelah Sobat menginstal server web lokal, Kemudian dapat menginstal WordPress di dalamnya, mirip dengan cara kita menginstal aplikasi di ponsel next dan next. Ini akan menciptakan situs web WordPress yang dapat di kelola di localhost.

d. Video Langkah Instal Xampp di Localhost

Sebelumnya kami juga pernah membahas terkait belajar wordpress dari nol, silahkan simak video berikut ini untuk memulai menginstal Xampp dan WordPress di localhost.

2. Langkah-langkah Mengakses wp-admin di Localhost

  • Buka Browser – Pertama, buka web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau yang ada di komputer sobat.
  • Masukkan Alamat URL – Di kolom alamat browser, ketik alamat URL wp-admin situs web WordPress sobat di localhost. Biasanya, URL ini akan terlihat seperti ini – http://localhost/wordpress/wp-admin, dengan “nama-folder WordPress” atau menggantikan dengan nama folder atau direktori di mana WordPress sobat diinstal.
  • Tekan Enter – Setelah sobat mengetikkan URL tersebut, tekan tombol “Enter” pada keyboard kalian.
  • Login ke Halaman wp-admin – Kalian akan diarahkan ke halaman login wp-admin. Di sini, kalian perlu memasukkan informasi login yang di gunakan saat mengatur atau menginstal WordPress di localhost.
  • Masukkan Informasi Login – Masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang telah di buat saat menginstal WordPress di localhost.
  • Klik “Login” – Setelah memasukkan informasi login, klik tombol “Login” atau tekan “Enter” lagi.
  • Sobat Berada di Laman wp-admin – Jika informasi login benar, Sobat akan diarahkan ke dasbor wp-admin WordPress lokalhost. Sekarang, Sekarang sobat sudah memiliki akses ke semua pengaturan dan tool admin untuk mengelola situs web sobat di localhost.
Mengakses wp-admin di Localhost

a. Penjelasan tentang cara membuat dan mengelola akun admin di WordPress Localhost

Saat sobat menginstal WordPress di localhost, sobat akan membuat akun admin pertama. Akun ini memberi sobat hak penuh untuk mengelola situs web atau super admin, seperti menambahkan konten, mengedit tampilan, dan mengatur pengaturan.

Sobat juga dapat membuat akun admin tambahan jika diperlukan. Untuk melakukannya, masuk ke wp-admin, pergi ke “Pengguna” (Users) dan klik “Tambah Pengguna Baru” (Add New User). Setelah membuat pengguna baru, Sobat dapat memberikan hak admin kepada mereka.

Baca Juga: 8 Plugin Backup WordPress Terpopuler untuk Perlindungan Data Anda

b. Cara menggunakan alamat URL lokal Anda untuk mengakses wp-admin

URL untuk mengakses wp-admin di localhost biasanya terdiri dari http://localhost/, diikuti oleh nama direktori atau folder di mana dimana menginstal WordPress, dan akhirnya diikuti dengan /wp-admin. Pastikan Anda mengganti “nama-situs” dengan nama folder tempat sobat menginstal WordPress.

Misalnya, jika Anda menginstal WordPress di folder dengan nama tertentu seperti “mywebsite,” alamat URL wp-admin akan menjadi http://localhost/mywebsite/wp-admin.

Akan tetapi jika menggunakan folder default dengan nama wordpress maka dapat mengakses admin di http://localhost/wordpress/wp-admin.

Dengan mengunjungi URL diatas dan memasukkan informasi login yang benar, Sobat akan dapat mengakses WP admin dasboard dan mengelola situs web WordPress leluasa di localhost.

3. Akhir Kata terkait Localhost WordPress WP-Admin

Pada akhir dari postingan ini kiranya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam tutorial ini, sobat wp sekarang memiliki pengetahuan dasar tentang cara mengakses halaman wp-admin di situs WordPress localhost dengan mudah.

Localhost adalah platform yang sangat berguna dalam pengembangan dan pengujian situs web sebelum kita menerbitkannya secara online.

Kita dapat merancang, mengedit, dan mengelola situs WordPress tanpa khawatir pengaruh terhadap situs yang sudah ada di internet. Selanjutnya, kita dapat mulai mengeksplorasi semua fitur dan alat yang disediakan di dalam dasbor wp-admin untuk mengoptimalkan dan mempersonalisasi situs web sesuai dengan kebutuhan seperti membangun themes dari nol.

Jangan ragu untuk terus belajar dan bereksperimen dengan WordPress di localhost untuk mengembangkan situs web yang lebih baik dan lebih kuat. Selamat berkarya! 🙂

cover img(pexels)

Exit mobile version